Selasa, 20 Oktober 2009

APA YANG DIMAKSUD DENGAN E-COMMERCE

E-Commerce adalah bagaimana memanfaatkan internet untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan dan rekanan bisnis atau dengan kata lain proses jual beli yang dilakukan di internet.
cara ikut e-commerce : buatlah website yang berisi produk-produk yang akan kita jual, pembelian melalui internet juga termasuk cara ikut e-commerce
kata e-commerce terbagi atas 2 suku kata yaitu e yang menggambarkan dunia elektronik (biasanya diidentikan dengan software, dunia maya atau internet) dan commerce yang berasal dari commercial atau jual beli.

Ini berarti e-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan melalui media elektronik (seperti internet). Adapun yang diperjual belikan tidak harus berupa barang yang nyata, namun juga bisa berupa barang yang bersifat elektronik seperti software, gambar elektronik, buku eletronik, video dan lain sebagainya.

Dalam dunia e-commerce juga bisa memperdagangkan hal-hal yang bersifat jasa seperti iklan, alat pembayaran (seperti paypal atau e-gold), media penyimpanan, dan lain-lain.

Di jaman sekarang ini e-commerce adalah salah satu sarana yang paling efektif dalam dunia perdagangan. Hal ini karena dalam dunia elektronik seperti internet, sudah tidak dibatasi lagi oleh jarak serta pengadaannya jauh lebih murah dibandingkan dengan dunia nyata. Contohnya kalau di kehidupa real kita ingin membuka toko yang banyak di kunjungi orang, maka minimal kita mesti membeli tempat di pusat-pusat perbelanjaan seperti mal atau itc. Yang tentunya harga tempat tersebut tidak murah.

Namun di dunia internet, kita tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk membuka toko secara online. Dan untuk meningkatkan traffic pun tidak perlu banyak mengeluarkan uang cukup dengan menggunakan fasilitas-fasilitas iklan yang ada seperti ads dari google maupun yahoo.

Adapun cara yang mesti anda lakukan untuk melakukan bisnis e-commerce adalah :
1. Anda punya produk yang diperjual belikan
2. Anda harus mempunyai tempat agar produk anda dapat dilihat oleh orang lain (biasanya dengan menyewa hosting, atau membuat blog)
3. Anda harus menentukan nama url (domain) dari tempat anda tersebut. Usahakan nama ini gampang untuk diingat orang.
4. Anda harus mencari sarana yang dapat membuat orang-orang mengetahui keberadaan domain anda (bisa dengan ikut google ads atau menjalankan metode-metode agar url anda dapat terlacak di urutan teratas pada mesin pencari/search engine).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Web Ku..esa Info ITI 09